Aneka makanan Jepang

Siapa yang tak suka dengan Japanase food? Saya.

Iya, saya tetapi 10 tahun yang lalu. Mendengar kata masakan Jepang bisa seketika membuat saya mual! Kenapa? Karena yang terbayang  pertama kali adalah daging ikan mentah yang dingin dan tidak ada rasanya. Ewww..

Ternyata benar yah kalau orang itu bisa berubah. Berubah bisa menuju kearah baik dan bisa kearah buruk tergantung dari sudut pandangnya. Walaupun katanya, yang berubah itu hanya tingkah dan perilaku bukan karakter. Contohnya perilaku atau kegemaran makan. Dari yang tidak suka menjadi suka. Jadi bukan tidak mungkin hal-hal yang saya  suka sekarang  menjadi hal yang tidak saya suka dimasa yang akan datang. Yakan?

Ah, saya gak mau ngomong hal-hal yang berat kok. Sesuai judulnya, saya mau berbagi makanan yang saya makan langsung dari negeri asalnya, Jepang!

Ramen

Pasti tau deh makanan yang satu ini. Semangkok mie dengan banyak macam jenis kuah dan juga isinya. Sebenarnya secara garis besar tipe ramen itu ada 4 jenis saja :

Shio ramen

Disajikan dengan kuah yang bening dan juga cenderung asin. Tipe ini adalah ramen yang paling tradisional.

Shoyu ramen

Biasanya kalau kita tidak spesifik menyebutkan mau kuah apa, ramen akan disajikan dengan tipe ini. Sama seperti Shio ramen, Shoyu ramen juga berciri kuah yang bening.

Miso Ramen

Tipe ini bisa jadi ramen yang paling popular. Kuahnya terbuat dari pasta kacang kedelai sehingga kuahnya cenderung keruh. Uniknya rasa kuah miso ini sudah membuat jutaan orang di seluruh dunia suka. Hayo ngaku pasti kmu juga suka!

Tonkotsu ramen

Sudah jelas tipe ini akan sulit ditemukan di Indonesia karena terbuat dari kaldu tulang babi. Bila kamu tidak menganggap bahwa babi itu haram, saran saya hanya satu : COBALAH! Ini super enak!

IMG_1705IMG_4363

Sushi

Selain ramen, sushi juga sudah menjadi makanan yang mudah ditemukan di luar negara aslinya. Menilik dari arti harfiahnya, sushi berarti sour rice. Kalau dalam Bahasa Indonesia penjelasan yang baiknya menjadi nasi yang disajikan dengan potongan diatasnya berupa seafood/telur/sayuran dan bahkan buah. Dimakan biasanya dengan mencelupkan kedalam larutan hitam yang terbuat dari kecap asin. Kebayang lah yah bentuknya gimana. Sebenarnya banyak sekali lho jenis sushi tetapi hanya ada 2 yang paling sering dijumpai.

Nigiri

Ini jadi jenis sushi yang paling popular. Nasi yang dibentuk dari kepalan tangan dengan potongan seafood kecil diatasnya (biasanya ikan mentah). Nigiri ini menjadi cikal bakal terciptanya makanan siap saji karena tidak butuh waktu yang lama untuk menyajikannya. Selain itu sejak zaman Edo (awal mula Tokyo), Nigiri banyak ditemukan disekitar tempat para pekerja disajikan sebagai snack kala itu.

Makizushi

Atau bisa disebut juga norimaki. Bedanya dengan nigiri, norimaki ini berbentuk cincin dengan rumput laut diluarnya dan isian dibagian tengah. Pembuatan sushi jenis ini tidak sesimple nigiri, nasi diletakan diatas tatakan berupa plat bambu dengan lembaran rumput laut sebagai alasnya, isian diletakan tersebar ditengah, kemudian digulung hingga membentuk roll dan dipotong kecil. Isian didalam makizushi bisa berupa telur, potongan sayuran dan juga seafood namun yang telah dimasak.

IMG_9402

Sashimi

Pepatah satu ini mungkin bisa jadi gambaran yang sesuai tentang makanan ini. Dari temen jadi demen. Haha. Ok mungkin aga maksa yah. Ya intinya dari yang biasa aja (cenderung tidak suka malah) jadi suka sekali! Potongan ikan yang masih fresh kemudian dicelupkan kedalam larutan kecap asin yang sudah diberi wasabi (lobak rasa pedas) rasanya luar biasa!  Sashimi disajikan dalam piring besar dengan terkadang terdapat potongan es untuk membuat potongan seafood diatasnya tetap segar dan juga beberapa jenis pemanis seperti parutan lobak, beberapa lembar daun perila, dan juga potongan lemon. Sashimi biasanya berisi potongan seafood segar seperti ikan, udang, cumi, kerang dan juga gurita. Selain seafood ternyata bisa juga yang lain loh, teman saya berkesempatan memakan sashimi dari daging kuda! Iya kuda. Entah bagaimana rasanya

IMG_8904

Takoyaki

Ah ini menjadi makanan kesukaan saya yang kedua. Pasti tau dong makanan yang sebenarnya berasal dari Osaka ini? Bola-bola tepung yang berisi potongan gurita dan dibalut dengan saus takoyaki, mayonnaise, bubuk rumput laut dan juga ini nih bahan yang terpenting katsuobushi atau irisan tuna yang sudah dikeringkan. Rasanya? ENAK BEUD.

Harusnya sih dimakan selagi panas bahkan orang sana memakannya saat masih ada kepulan asap. Karena saya berlidah kucing alias tidak bisa makan makanan panas  jadi makan saat sudah aga dingin tetapi itu tidak mengurangi sedikitpun rasa aslinya kok. Beneran!

Karena saya sangat suka takoyaki, bos saya yang luar biasa baik memperkenalkan beberapa jenis takoyaki. Tidak ada nama yang spesifik untuk takoyaki ini sebenarnya, yang membedakan hanya topping luar dan juga saus yang dipakai. Rasanya? Tetep. ENAK BEUD.

IMG_4422

Another happy things is salah satu kedai takoyaki yang terkemuka di Jepang akan memnuka gerainya di Jakarta. Iya, disini.

Monja

Tidak seperti jenis-jenis makanan sebelumnya, monja memang jarang ditemui bahkan didengar diluar Jepang. Lain halnya dengan di Tokyo, karena makanan ini memang murni berasal dari Tokyo jadi tidak jarang beberapa restaurant menyediakan. Salah satu yang terkenal adalah restaurant yang berlokasi di Tokyo Skytree.

Cara memasak monja dan bahan baku serta isinya isinya mirip dengan okonomiyaki. Kita bisa memasak sendiri ataupun dibantu oleh pelayan restaurant. Yang membedakan dengan okonomiyaki adalah hanya cara memakannya. Kalau okonomiyaki dimakan saat benar-benar sudah matang, lain halnya dengan monja. Monja dimakan saat adonan setengah matang diatas loyang panas. Dimakan sedikit demi sedikit dengan menggunakan spatula kecil yang disebut hera.

Rasa kenyal dari adonan dan juga berbagai rasa toppingnya memaksa diri ini menjadikan monja makanan kesukaan saya yang pertama.

IMG_4524

Sebenarnya masih banyak makanan lain yang unik dan juga enak di Jepang. Lain waktu saya bahas yah. Kalau kamu, apa makanan kesukaannya?

 

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Cynthia Rahmawati says:

    Liat ini pas lagi puasa tuh, rasanyaaa 🤒

    1. Madewi says:

      Haha.. cobaan cobaan 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s