Berkunjung ke kuil

Secara garis besar, penduduk Jepang menganut kepercayaan Shinto. Untuk berdoa mereka akan pergi ke kuil. Salah satu kuil yang menjadi tujuan untuk berdoa di daerah Tokyo adalah Kanda Shrine atau Kanda Myojin. Terletak tak jauh dari gedung-gedung perkantoran, kuil ini dapat dicapai kurang lebih 4 menit jalan kaki dari stasiun Ochanomizu menuju jembatan Hijiribashi atau bisa juga melalui stasiun Akihabara melaui jalan Denki-gai. Kedua stasiun tersebut dilalui dengan JR line.

Kanda myojin

Berdasarkan informasi dari teman kantor, di dalam Kanda Myojin ini terdapat 3 dewa sebagai tujuan untuk berdoa. Daikokuten – sebagai Dewa hasil panen dan pernikahan yang baik, Ebisu – Dewa nelayan dan juga Dewa Bisnis, Taira Masakado – Seorang penguasa feudal abad ke-10 yang dipuja dan didewakan.  Karena Ebisu-lah sepertinya, banyak jajaran pimpinan perusahaan, pekerja sales dan juga marketing (ehem!) yang mendatangi kuil ini untuk berdoa pada awal tahun baru atau awal dari tahun fiskal pada bulan April.

IMG_1776

IMG_1758

Tidak hanya awal tahun dan awal tahun fiskal, ada beberapa waktu dalam setahun, kuil ini akan menjadi tempat yang ramai dikunjungi. Seperti saat musim panas atau pertengahan bulan Mei, kuil ini akan menjadi salah satu titik penting dalam perayaan Kanda Festival, salah satu dari tiga Shinto festival yang sangat terkenal di Tokyo. Selain itu, saat musim semi, pohon berdaun hijau lebat yang ada disekitar kuil akan berubah menjadi pink dan putih karena pohon itu adalah pohon sakura. Bisa banget menjadi pilihan destinasi menikmati sakura di Jepang selain disini.

IMG_1767

Tidak berbeda dengan kuil yang lain, di Kanda Myojin kita juga diperbolehkan untuk berdoa. Kerena kita memasuki tempat suci umat yang berbeda sudah selayaknya kita mengetahui hal-hal yang dengan baik dan benar.

Tata cara berdoa di kuil :

Berjalan memasuki gerbang atau torii gate setelah itu membersihkan tangan dan mulut di temizuya yang berisi kolam kecil yang berisi air. Tata cara pembersihannya pun ada loh.

Ambil air menggunakan alat yang sudah disediakan (berbentuk seperti centong) dengan tangan kanan untuk bersihkan tangan kiri. Kemudian lakukan hal sebaliknya, mengambil dengan tangan kiri untuk membersihkan tangan kanan. Selanjutnya dengan menggunakan tangan kiri isap air dan berkumur. Pastikan centongnya tidak menyentuk langsung bibir yah.

Setelah itu berjalanlah kedepan altar, kemudian membungkuk sebanyak dua kali, menepuk kedua tangan dua kali dan berdoa dengan tangan mengatup. Bila sudah selesai membungkuklah satu kali.

Banyaknya membungkuk dan menepuk tangan bisa berbeda di kuil yang lain namun secara garis besar prosesnya akan sama.

Setelah prosesi selesai, biasanya saya suka tuh ikutan menerawang keberuntungan melalui secarik kertas. Kalau di kuil Sensoji menghentakan gelas dari bambu yang berisi sumpit dengan angka, di kuil Kanda ini saya harus memasukan uang logam (lupa nominalnya) kedalam sebuah mesin dan secara acak mesin akan mengeluarkan kertas berisi hasil penerawangannya.

Kalau isinya bagus kita bisa membawa pulang kertas tersebut namun bila hasilnya tidak bagus kita bisa mengikat kertas itu. Kebanyakan ditulis dalam tulisan kanji sih bila tidak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk dibacakan ya gimana baiknya saja. As for me, I’ll make it for fun 😉

IMG_1749

Oh satu lagi, selain bisa membawa kertas, kita juga bisa membeli semacam jimat sebagai proteksi bila hasil penerawangannya tidak sesuai. Jimat yang dikenal dengan omamori dijual dengan berbagai macam bentuk, ukuran dan warna. Setiap warna biasanya mempunyai arti tersendiri.

Konon katannya sih proteksi dari omamori punya limit waktu 😀

Duh, segala hal di Jepang itu memang unik yah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s